Bisnis Hari Ini

Minggu, 31 Mei 2015

Sharing Perjalanan Karir Rahmat Hanafi



SVP GMF Engine Maintenance Rahmat Hanafi memberikan sharing tentang perjalanan karirnya kepada generasi muda Dinas Corporate Secretary dan Dinas Strategy Management Office pada 22 Mei 2015, di Ruang Medan. Sharing ini diharapkan meningkatkan motivasi personel muda dalam menjalankan karirnya di GMF AeroAsia.

Dalam kesempatan ini, Rahmat menceritakan pengalaman kerjanya yang beberapa kali dipindah tugaskan dari satu unit ke unit yang lain. Saat ditempatkan di Dinas Engineering Service (TE) misalnya, Rahmat merasakan adanya atmosfer persaingan antar personel. Maklum, menurutnya Dinas TE banyak diisi oleh orang – orang pintar. Sehingga terkadang sulit memberi instruksi ke personel lain karena merasa memiliki knowledge yang lebih tinggi.

Karena itu, menurut Rahmat, untuk menghadapi orang – orang pintar, ia harus memiliki knowledge dan skill. Dengan begitu, ia akan mendapatkan respect baru kemudian bisa mempengaruhi orang – orang pintar tersebut. “Jadi untuk mempengaruhi orang kita harus punya knowledge dan skill,” katanya.

Hal berbeda Rahmat rasakan ketika ditugaskan memimpin Dinas Component Maintenance (TC). Di sini, Rahmat harus jelas dalam memberikan instruksi. Setiap keputusan harus jelas dan detil disampaikan. “Di Dinas TC saya berupaya untuk menurunkan jumlah komponen yang suspended repair,” katanya.

Setelah dari Dinas TC, Rahmat kembali ditugaskan ke Dinas TE. Saat itu, salah satu fokus perhatian Rahmat adalah mengelola dan mengembangkan SDM yang sebagian besar adalah generasi muda. Langkah yang dilakukan Rahmat adalah menghapus fungsi Manager. Dengan tidak ada Manager, maka personel muda Dinas TE memiliki ruang pengembangan yang tidak terbatas. Mereka bisa lebih maju dan dapat menentukan arah kemampuannya sendiri.

Kini Rahmat mendapat tugas baru. Pada awal Mei lalu, Rahmat ditunjuk memimpin SBU TV. Banyak tantangan yang akan ia hadapi untuk membesarkan SBU TV, tapi ia optimis bisa menjalankan amanah dengan baik. “Yang selalu saya ingat, apa yang kita lakukan hari ini akan mempengaruhi masa depan kita,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money Here

Habit

Habit
-

Follow